Bukit Sikunir Sembunga.

 

Matahari Bukit Sikunir

Desa sembungan mulai terkenal sejak tahun 1911. Tentunya orang-orang belanda yang sering mengabadikan melalui kamera maupun lukisan sejak tahun 1911 memiliki alasan sendiri bahkan mereka sudah memasarkan desa sejak tahun tersebut, banyak tentang dokumen serta sejarah yang menceritakan tentang desa Sembungan dengan landskap desa sebagai poin utamanya.

sembungan

Desa yang pada awal berdinya didominasi oleh tanaman sembung kemudian secara perlahan tapi pasti menepati posisi penting sektor wisata  yang sangat di minati oleh wisna maupun wisnu. Banyak cerita maupun legenda yang mengiringi berdirinya desa sembungan dengan hiasan telaga cebongnya. bukit sikunir,air terjun dan  goa pertapaan pakuwojo

Seiring berjalanya waktu, Desa sembungan menjadi desa tujuan wisata yang sangat di minati oleh berbagai kalanagan dan menjadi kebanggaan tersendari bagi pengujung yang telah berhasil mengijakan kaki di desa tertinggi di pulau jawa, menikmati golden sunrise tercantik di asia .

telaga cebong

Naik perahu di puncak gunung dan merasakan aneka makanan khas yang bahan bakunya hanya tumbuh di dataran tinggi dieng. Setiap bualanya ribuan pengujung untuk memadati desa untuk berburu matahari terbit.