air mata tok bima lukar dieng

 

                                                                 TUK BIMA LUKAR DIENG

tok bima lukar

Di dataran tinggi dieng ada beberapa mata air, salah satunya adalah tok bima lukar  lokasi ini tidak sulit untuk di temukan .dari arah wonosobo sebelum kita sampe di pertigan dieng kita sudah bisa menemukan obyek wisata tok bimalukar yang pada posisinnya di sebelah kiri jalan dari arah wonosobo.

Tuk bima lukar adalah mata air yang keluar dari batu purbakala.nama bima lukar di maksudkan sebagai tempat dimana sang BHIMA SENA  mensucikan diri (MELUKAR/MELEPAS).tuk bima lukar juga sebagai mata air sungai  serayu dapat di artikan ‘’siro ayau’’.yang di yakini dapat menjadikan awet muda apabila seseorang mencuci mukanya di tok bima lukar.

tok bima lukar

Dan di atas mata air tuk bima lukar ada satu gundukan yang sangat di sucikan.di bagian ini tempat yang biasa untuk menaruh sesajen. Dan di bawah terdapat sebuah kolam yang menapung air sementara menanpung air dan di bagaian bawahnya terdapat dua batu purba yang mengalirkan air serta dipakai masarakat dan wisatawan untuk mencuci muka.atau bahkan mandi dan ada kepercayan masarakat di sekitarnya bahwa barang siapa yang mencuci muka dan mandi di tok bimalukar di percaya akan dapat menjadi awet muda