anak gimbal lereng dieng

 Rambut gimbal sikunir Dieng

rambut gibal sikunir dan daerah sekitar dieng dan lereng gunung sumbing-sindoro dapat dio temukan anak-anak usia 6 sampe 5 tahunyang berambut gimbal (GEMBEL).ada satu mitos yang di percaya salah satu masarakat mengenai rambut gimbal ini..

Jika seseorang memiliki anak yang lahir dengan berambut gimbal.maka saat akan mencukur/memontong rambut gembel tersebut terlebih dahulu harus memenuhi beberapa syarat:

1.menayakan kepada si anak yang berambun gimbal sbb: ayam goreng, sepeda, radio, wayang/pertunjukan, sebakul telur.

Beberapa contoh permintan anak gimbal yang pernah terjadi di antarany:

Tempe gembus rebus dan gorengan serta kambing dan dua kepala ayam goreng ,

Kadang ada juga yang permintanny harus di cukur nenek/kakeknya.

Bagi benerapa keluarga yang mempunyai anak-anakyang berambut gimabal.hal ini justru merupakan suatu ke banggaan.hal ini karena di sebapkan dengan adanya gimbal ini di percaya akan mendatangkan rezeki/membawa rezeki.

Secara mental,anak-anak yang berambut gimbal ini normal.hanya pada rambutny ada kelainan.mereka berkelakuan seperti halnya anank-anak yang lain,serta bergaul searta bermain bersama dengan anak anak lainy.tampa ada batasan batasan tertentu.

Tragisnya apa bila anak gimbak lebih dari 10 tahun/sampae dewasa,kadang akan berakibat gila,cacat,bahkan meniggal.

Masalah anak gimbak memang masih bnayak menyipan banyak misteri.di dalam banyak masarakat tertentu.hal ini sudah menyakut sebuah kepercayan turun temurun.